Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bulungan 2023 - Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulungan

Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dan data BPS Kabupaten Bulungan, mohon kesediaannya untuk mengisi Survei Kebutuhan Data 2024 melalui tautan berikut

Ekonomi Kabupaten Bulungan Tahun 2023 tumbuh sebesar 4,60 persen (y-on-y)

Selama Ramadhan, Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Bulungan melayani pada pukul 08.30 s.d. 14.30 WITA setiap hari Senin-Kamis dan s.d. 15.00 WITA setiap Jumat || Inflasi Kota Tanjung Selor Bulan Februari 2024 sebesar 0,32 persen (m-to-m)

Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bulungan 2023

Nomor Katalog : 4102004.6502
Nomor Publikasi : 65020.2318
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis : 6 Desember 2023
Ukuran File : 6.46 MB

Abstraksi

Sesuai amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan bahwa tujuan nasional adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, berbagai program telah dilaksanakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Pemerintah daerah Kabupaten Bulungan telah mengerahkan sumber daya yang dimiliki dan melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang pendidikan dengan kebijakan gratis biaya sekolah sampai jenjang Sekolah Menengah Atas, di bidang kesehatan dengan membangun dan menempatkan tenaga kesehatan untuk bertugas di puskesmas pembantu desa yang sulit akses transportasi, serta kebijakan-kebijakan lain yang berpihak kepada masyarakat. Tentu saja diharapkan agar pembangunan yang dalam prosesnya membutuhkan dana yang tidak kecil ini dapat dinikmati secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat baik diperkotaan maupun perdesaan. Untuk dapat menilai sampai sejauh mana pembangunan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, monitoring terhadap pencapaian pembangunan sangat diperlukan, sehingga pembangunan selanjutnya dapat lebih dioptimalkan. Untuk melakukan monitoring tehadap pencapaian tingkat keseahteraan rakyat diperlukan indikator-indikator yang dapat memberikan gambaran tentang kondisi penduduk di Kabupaten Bulungan. Dimensi kesejahteraan rakyat yang sangat luas membuat suatu taraf kesejahteraan hanya dapat telihat melalui aspek tertentu, oleh karena itu dalam publikasi ini kesejahteraan rakyat dilihat melalui beberapa aspek yang spesifik, diantaranya adalah aspek kependudukan, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, konsumsi rumah tangga serta perumahan yang disajikan dalam bentuk indikator tunggal maupun komposit.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten BulunganJl. Kol. H. Soetadji No. 85 Tanjung Selor 77212

Kalimantan Utara

Telp (0552) 21171

Faks (0552) 22441

Email : bps6502@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik